Selamat Datang di Blog Fauziah Amriny. Selamat Membaca

Sabtu, 06 Oktober 2012

Wisata Alam Nagari Ranah Minang Part 1

Sebuah kebanggan tersendiri bagiku, terlahir di negeri yang dipenuhi oleh pemandangan alam yang sagat memukau. Di negeri ranah minang yang dikenal dengan adat yang sangat kental dengan ajaran Islam. Yah, sebagaimana filosofi adat yang berpegang pada "Adat basandi syara', syara' basandi kitabullah". Di negeri yang penuh dengan pesona alam ini aku dibesarkan. Danau Maninjau, adalah salah satu pesona
alam yang cukup menarik di negeri ku ini.  Danau nan indah yang terletak di propinsi Sumatera Barat. Danau maninjau adalah salah satu tujuan para wisatawan saat datang melancong ke SUMBAR. Sebuah danau nan indah yang dikelilingi oleh bukit-bukit. Belum lengkap rasanya perjalanan melancong ke SUMBAR tanpa mampir dulu di tempat wisata ini. Selain pemandangan alamnya yang indah, disini juga terdapat hasil tangkapan danau yang sangat enak, yaitu "rinuak" yang merupakan salah satu makanan faforitku. Rinuak merupakan sejenis ikan kecil yang biasanya digoreng menjadi kripik atau bisa juga dipepes.   



Keindahan pesona alam maninjau juga bisa disaksikan dari atas puncak,  yang dikenal dengan nama puncak lawang. Berada pada ketinggian 1210 mdpl, puncak lawang sangat dikenal dengan keindahan panorama maninjaunya. Menyaksikan birunya danau, hamparan sawah nan indah dan hijaunya hamparan pohon-pohon pinus bisa menjadi pengobat rasa lelah setelah seminggu bekerja.   Menurut cerita, puncak lawang ini sudah difungsikan sebagai tempat beristirahat para bangsawan Belanda pada saat penjajahan dahulu.  Selain menikmati keindahan danau maninjau, para wisatawan juga bisa menikmati olahraga Paralayang dengan lokasi take off di puncak lawang itu sendiri. Beberapa kali  Event Internasional pernah digelar disini dan sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Agam.


Selain danau maninjau, di   negeari ranah minang juga  keindahan wisata alam yang dikenal dengan "Danau Singkarak". Danau ini juga memiliki  keindahan tersendiri dimana danau ini diapit oleh dua gunung, yaitu gunung talang dan gunung merapi serta adanya bukit barisan di kedua sisi danau. Tak heran pemandangan yang diciptakan pun semakin indah dan minat para wisatawan dengan udaranya yang sejuk dan pemandangan yang indah. Disekitar danau juga tersedia beberapa tempat beristirahat dan bersantai serta fasilitas sampan dan boat. Disini juga terdapat ikan yang cukup terkenal sebagai oleh2 negeri ranah minang, yaitu ikan bilih. Ikan ini juga tergolong ikan kecil yang memiliki cita rasa yang berbeda dengan ikan2 lainnya. Selain cita rasa yang berbeda, ikan ini merupakan spesies ikan air tawar satu2nya dan hanya dapat hidup di danau singkarak ini.  Selain wisata alam yang indah, danau ini juga menjadi menjadi pusat event Tour de Singkarak. Tour de Singkarak pertama kali diluncurkan pada tanggal 14 mei 2012 di Jakarta. Tour de Singkarak ini melintasi 854 km jalan raya. Kegiatan ini diharapkan dapat mengangkat potensi wsata di Sumatera Barat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar